Selasa, 10 Maret 2015

Ular Bulan yang Dekat dan Berbahaya!

Ular bulan (Tropidolaemus wagleri).
Penduduk lokal, teman kami cerita-cerita sewaktu mengadakan herping pada 27-30 Juni 2013 yang lalu di Desa Cinta Rakyat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara membuat kami merinding. “Kawan kami tergigit ular bulan, lalu beberapa detik racunnya langsung bereaksi”, terangnya.

Boy Sandi (depan kiri) herping bersama teman-temannya.
Ular bulan, demikian penduduk lokal menyebut salah satu ular yang mereka kenal dengan baik.  Ular yang dimaksud adalah jenis Tropidolaemus wagleri. Ular ini memiliki keunikan tersendiri yakni tidak agresif di siang hari dan lebih aktif pada malam hari (nocturnal). Taksonomi menggolongkannya ke dalam suku Viveridae yang secara umum memiliki bisa yang berbahaya bahkan menyebabkan kematian. Racun yang dihasilkan dapat merusak sistem saraf (neuraorokxin) dan sistem peredaran darah manusia. Bisanya cenderung digunakan untuk melemahkan mangsa ketimbang membela diri.


Tenda kemping.
Pengamatan atas kelompok Herpetologer Mania tersebut cukup beruntung menemukan jenis ular bulan. Kami berjumpa di jalur yang biasa dilewati penduduk. Ternyata mereka ada bersama dengan lingkungan yang dekat dengan manusia. Warnanya didominasi hijau muda yang mulus dan disisipi warna kuning sebagai batas warna hijau. Sekilas, bagian depan terlihat menyeramkan. Ini memang predator sejati. Mereka sangat dekat di sekeliling kita dan racunnya berbahaya.  

(Oleh Boy Sandi, foto oleh Chairunas Adha Putra)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Herpetologer Mania yang baik, silahkan membubuhkan komentar Anda. Jika ingin lebih cepat direspon, Sahabat Herpetologer Mania bisa berdiskusi melalui imel kami: herpetologermania@gmail.com atau ke grup media sosial fesbuk: Herpetologer Mania.

Salam herping!