Selasa, 17 Maret 2015

Arfah Nasution

Jika kita memiliki waktu panjang, kenapa tidak berbuat lebih. Begitulah yang mungkin bisa digambarkan kepada Arfah Nasution ketika melakukan penelitian perilaku sosial induk anak orangutan di Kawasan Hutan Batang Toru Blok Barat (KHBTBB) Sumatera Utara. Gadis kelahiran Medan, 21 September 1990 ini mencatat dan mendokumentasikan temuan ular-ular di Hutan Batang Toru saat mengadakan penelitiannya untuk skripsi. 

Arfah sebenarnya tidak terlalu memperhatikan amfibi dan reptil karena bukan obyek penelitiannya. Tetapi ada saja makhluk hidup di sekelilingnya yang kadang-kadang mencuri perhatiannya sebagai mahasiswa jurusan biologi. Sambil menyelam minum air, sebagian hal-hal yang nampak itu masuk dalam catatannya, terutama ular-ular  yang ada di sana.

Tak ingin foto-fotonya hanya untuk dinikmati sendiri, mahasiswi yang sekarang menimba ilmu S2 di jurusan Biosains Hewan, Institut Pertanian Bogor (IPB) ini meluangkan waktunya sedikit untuk corat-coret pengalamannya di majalah Herpetologer Mania. Tak hanya pengalamannya di Batang Toru saja, Arfah adalah salah satu penulis setia di majalah Herpetologer Mania. Nah, mari kita simak tulisan-tulisannya di bawah ini:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Herpetologer Mania yang baik, silahkan membubuhkan komentar Anda. Jika ingin lebih cepat direspon, Sahabat Herpetologer Mania bisa berdiskusi melalui imel kami: herpetologermania@gmail.com atau ke grup media sosial fesbuk: Herpetologer Mania.

Salam herping!