Selasa, 03 Maret 2015

Chairunas Adha Putra



Chairunas Adha Putra yang biasa dipanggil “Nchay” lahir di Medan, 12 Juli 1989. Nchay tertarik dan memulai memotret satwa liar terutama amfibi, reptil dan burung sejak tahun 2009. Lulus kuliah strata I di Departemen Biologi FMIPA USU tahun 2012 dengan judul penelitian “Keanekaragaman Jenis Burung Air di Kawasan Pesisir Pantai Timur Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara.

Selama kuliah, pemerhati burung ini aktif mengikuti beberapa organisasi intra kampus, di antaranya Ketua Umum Biologi Pecinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup (Biopalas) Dept. Biologi FMIPA USU (2010-2012), sebuah organisasi kecil di Fakultas MIPA USU yang memiliki minat tinggi terhadap konservasi satwa liar. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Divisi Studio Bengkel Fotografi Sains (BFS) Dept. Biologi FMIPA USU (2009-2011) di mana organisasi tersebut fokus pada fotografi “natural sains”. Selain itu, Nchay adalah salah satu inisiator pendiri Komunitas Pecinta Amfibi dan Reptil di Sumatera Utara (Herpetologer Mania).

Pengalaman lapangan herpetofaunanya juga cukup memadai terutama semenjak survei-survei amfibi di Sumatera Utara dalam menjalani tugas kuliah dan organisasi yang digeluti. Survei Amfibi di Kawasan Bumi Perkemahan Sibolangit telah dilakukan berkali-kali yang diawali dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada tahun 2010.

Saat ini Nchay sedang mengerjakan penelitian beberapa habitat burung di pesisir Sumatera Utara sebagai tugas akhir dari perkuliahannya. Anak laki-laki dari seorang ibu bermarga Siregar ini kini adalah mahasiswa dari jurusan Biosains Hewan di Institut Pertanian Bogor.

Di majalah Herpetologer Mania, beliau berperan sebagai editor. Itu artinya setiap tulisan yang masuk, beliaulah yang akan melihatnya terlebih dahulu dan mengirimnya ke penata letak kalau tidak ada komentar dari pemimpin redaksi yang bersifat mendasar.

Di sela-sela sebagai editor, Nchay juga sering menulis untuk majalah kecil tersebut. Kita boleh menyimaknya di bawah ini:












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Herpetologer Mania yang baik, silahkan membubuhkan komentar Anda. Jika ingin lebih cepat direspon, Sahabat Herpetologer Mania bisa berdiskusi melalui imel kami: herpetologermania@gmail.com atau ke grup media sosial fesbuk: Herpetologer Mania.

Salam herping!