Senin, 08 Oktober 2012

Fotografer Terkesima dengan Katak-katak di Bumper



Ilmu fotografi belakangan ini yang mulai monoton dengan objek-objeknya kemudian mereka mencari tantangan-tantangan baru. Fotografer mulai bosan dengan modeling, wedding, lanskap, bahkan jurnalistik dalam pelatihan-pelatihan fotografi. Ketika mengetahui Komunitas Herpetologer Mania memiliki objek baru sebagai “model” foto, beberapa anggota Kelas Fotografi Andi Lubis (KFAL) lantas menyiapkan peralatan penuh untuk fotografi malam itu.

Bumi Perkemahan (Bumper) Sibolangit menjadi pilihan lokasi untuk hunting yang dilakukan Senin, 08 Oktober 2012 itu. Di samping lokasinya tidak memakan waktu lebih dari 1,5 jam dari Kota Medan, daerah ini nyaman dijalani karena tidak banyak jelatang maupun pacet seperti di daerah lain. Begitu juga dengan jumlah jenis amfibi dan reptil (herpetofauna) relatif menghibur sebagaimana data Biopalas, jumlah jenis amfibi dan reptil yang mereka data di lokasi ini hampir mendekati 40 jenis.

“Pemotretan ini sangat mengasyikkan. Kayaknya katak-katak itu bisa menjadi model yang bagus dan memiliki tekstur warna yang khas,” komentar Andi Lubis, pengelola KFAL.

Menurutnya tidak sulit memotret katak dan reptil lainnya karena objek hidup itu dapat didekati hingga setengah meter. Dengan peralatan seperlunya saja, amfibi dan reptil akan menjadi objek yang menarik.

“Rasanya kami tidak perlu membawa tas dan peralatan maksimum. Cukup lensa dan baterai sesuai kebutuhan saja. Ini adalah pengalaman pertama yang mengasikkan buat kami. Tentunya kami akan kembali dengan kegiatan serupa,” Andi Lubis menambahi.

Jenis yang berhasil ditemukan antara lain Bufo juxtasper, Leptophryne borbonica, Rana hosii, Rana debussyi, Rana kampeni, Huia sumatrana, Occidoziga lima, dan Cyrtodactylus lateralis. Pola warna kulit katak tersebut semakin indah dengan lighting yang pas oleh fotografer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Herpetologer Mania yang baik, silahkan membubuhkan komentar Anda. Jika ingin lebih cepat direspon, Sahabat Herpetologer Mania bisa berdiskusi melalui imel kami: herpetologermania@gmail.com atau ke grup media sosial fesbuk: Herpetologer Mania.

Salam herping!